Thursday, June 8, 2017

Dasar-Dasar Sumber Daya Manusia (SDM)

Sumber Daya Manusia

Pengertian Sumber Daya Manusia Menurut Para Ahli

Sumber Daya Manusia (Human Resource) adalah kemampuan terpadu dari daya pikir dan daya fisik yang dimiliki individu. Pelaku dan sifatnya dilakukan oleh keturunan dan lingkungannya, sedangkan prestasi kerjanya dimotivasi oleh keinginan untuk memenuhi kepuasannya (Hasibuan 2003).

Sumber Daya Manusia (Human Resource) adalah rancangan sistem-sistem formal dalam sebuah organisasi untuk memastikan penggunaan bakat manusia secara efektif dan efisien guna mencapai tujuan organisasi (Mathis dan Jackson 2006).


Sumber daya manusia (SDM) adalah salah satu faktor yang sangat penting bahkan tidak dapat dilepaskan dari sebuah organisasi, baik institusi maupun perusahaan. SDM juga merupakan kunci yang menentukan perkembangan perusahaan. Pada hakikatnya, SDM berupa manusia yang dipekerjakan di sebuah organisasi sebagai penggerak, pemikir dan perencana untuk mencapai tujuan organisasi itu. (Wikipedia)

Sumber Daya Manusia (Human Resource) adalah pegawai yang siap, mampu, dan siaga dalam mencapai tujuan-tujuan organisasi. Sebagaimana dikemukakan, bahwa dimensi pokok sisi sumber daya adalah kontribusinya terhadap organisasi, sedangkan dimensi pokok manusia adalah perlakuan kontribusi terhadapnya yang pada gilirannya akan menentukan kualitas dan kapabilitas hidupnya (Weather dan Davis 1996).

Pengertian SDM secara makro adalah penduduk atau warga yang sudah memasuki usia angkatan kerja, baik yang sudah memasuki usia angkatan kerja maupun yang sudah bekerja.

Sedangkan pengertian SDM secara mikro adalah orang yang bekerja dan menjadi anggota suatu perusahaan atau institusi yang disebut sebagai karyawan, pegawai, buruh, pekerja, tenaga kerja, dan lain sebagainya.


Peranan Sumber Daya Manusia (SDM)

1. Sumber Daya Manusia Sebagai Tenaga Kerja

Kompetensi dan keterlibatan SDM dalam suatu organisasi sangat berpengaruh terhadap tercapainya tujuan yang diinginkan. Sumber Daya Manusia merupakan salah satu faktor terpenting dalam seluruh aktivitas dalam organisasi. Sehingga kualitas SDM yang dipekerjakan haruslah diperhatikan.

Dikarenakan sumber daya manusia merupakan aset penting bagi organisasi, maka peran dan juga fungsinya tidak dapat digantikan oleh sumber daya yang lain dan tentunya harus selalu berorientasi pada visi dan misi organisasi. Untuk mencapai visi dan misinya maka sumber daya manusia pada suatu organisasi harus memiliki karakteristik seperti motivasi, sikap, konsep diri, pengetahuan dan keahlian. Lalu ada beberapa peranan yang perlu di miliki oleh Sumber daya manusia dalam menghadapi tantangan dunia kerja. Misalnya, Dapat melakukan analisis jabatan, merencanakan kebutuhan akan tenaga kerja dan merekrut calon tenaga kerja yang berkualitas, mengelola keuangan dan lain-lain.

2. Sumber Daya Manusia Sebagai Tenaga Ahli

Sumber daya manusia dan teknologi dapat berperan sebagai keunggulan kompetitif dalam suatu perusahaan atau dalam pembangunan ekonomi suatu negara. 

3. Sumber Daya Manusia Sebagai Pimpinan

Sumber Daya Mausia juga dapat berperan suatu pimpinan. Yaitu adalah orang yang mengelola/ memanfaatkan sumber daya yang ada dalam suatu organisasi demi tercapainya suatu tujuan tertentu. Dalam hal ini Sumber Daya Manusia berperan sebagai Manajer. (Baca: Pengertian Manajer)

4. Sumber Daya Manusia sebagai Wirausahawan

Wirausahawan adalah setiap orang yang mampu melakukan pekerjaan baik didalam maupun diluar hubungan kerja, dalam arti dapat bekerja secara mandiri guna menghasilkan jasa atau barang untuk memenuhi kebutuhann masyarakat. Sebagai wirausahawan maka sumber daya manusia harus melibatkan dirinya dalam proses produksi. Selain itu wirausahawan dapat memperkerjakan SDM lainnya.

5. Sumber Daya Manusia dalam Menciptakan dan Mengembangkan IPTEK

Suatu ilmu atau teknologi yang ada ditemukan oleh suatu tahap pembelajaran atau riset yang dilakukan oleh Manusia (Sumber daya Manusia). Sehingga SDM sangat berperan penting dalam menciptakan dan pemngembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi yang tentunya akan bermanfaat bagi masyarakat.

6. Sumber Daya Manusia Sebagai Produsen

Produksi merupakan setiap perbuatan yang menjadikan barang dapat lebih sempurna (dapat menambah nilai atau manfaat suatu barang) untuk memenuhi kebutuhan manusia. Yang dimaksud dengan produsen adalah pihak atau pelaku yang melakukan produksi dalam menambah nilai guna suatu barang atau menciptakan barang baru, sehingga lebih bermanfaat dalam memenuhi kebutuhan masyarakat.

7. Sumber Daya Manusia Sebagai Konsumen

Konsumsi dalam pengertian umum berarti pemakaian barang-barang hasil produksi. Menurut istilah ekonomi, konsumsi merupakan kegiatan menggunakan, memakai atau menghabiskan barang dengan maksud memenuhi kebutuhan. Konsumen adalah setiap orang pemakai barang dan jasa yang tersedia dalam masyarakat bagi kepentingan diri sendiri, keluarga, orang lain, maupun makhluk hidup lain dan tidak untuk diperdagangkan.


No comments:

Post a Comment

Mohon maaf bila ada salah kata dan hal-hal yang kurang berkenan. Adapun kritik atau saran mohon isi comment box. Terimakasih