Thursday, June 8, 2017

Dasar-Dasar Pemasaran (Marketing)


Definisi Pemasaran

Marketing/Pemasaran, adalah suatu proses sosial dan manajerial dimana seseorang atau kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan melalui penciptaan dan pertukaran antara produk dan nilai (Philip Kotler  & Keller 2012).

Marketing, adalah suatu sistem total dari kegiatan bisnis yang dirancang untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan, mendistribusikan produk yang dapat memuaskan keinginan para konsumen saat ini dan masa yang akan datang (William J. Stanton 2006).

Marketing, adalah  suatu aktivitas yang bertujuan mencapai sasaran perusahaan, dilakukan dengan cara mengantisipasi kebutuhan  pelanggan atau klien  serta ngarahkan aliran barang dan jasa yang memenuhi kebutuhan pelanggan atau klien dari produsen (MC charthy at all 2008).

Macro Marketing, adalah  suatu suatu proses yang mengarahkan  aliran ekonomi barang dan jasa  dari produsen ke konsumen dengan cara yang efektif mencocokan  penawan dan permintaan serta mencapai sasaran-sasaran masyarakat tersebut.  (Mc Charthy at. all 2008).

Pemasaran adalah fungsi organisasi dan serangkaian proses untuk menciptakan, mengomunikasikan, dan memberi nilai kepada pelanggan dan untuk mengelola hubungan pelanggan dengan cara yang menguntungkan organisasi dan pemangku kepentingannya (American Marketing Association).


Mengapa Pemasaran Itu Penting?

1. Pemasaran penting bagi Pelanggan. Kebanyakan orang berharap bahwa  yang mereka butuhkan dan inginkan tersedia dengan nyaman kapan pun dan di manapun. 
2. Pemasaran penting bagi Organisasi. Pemasaran penting bagi kesuksesan sebuah organisasi. Prinsip yang sama untuk menjual barang digunakan juga untuk menjual Ide, politikus, transportasi, pelayanan kesehatan, universitas bahkan museum.
3. Pemasaran mempengaruhi inovasi dan standar kehidupan. Pemasaran mendorong terjadinya riset dan inovasi (Inovation) creating value pengembangan dan penyebaran ide-ide barang dan jasa baru. Menawarkan cara-cara yang lebih baik untuk meningkatkan kepuasan pelanggan dan loyalitas.

Tipe Entitas yang Dipasarkan

Saat ini apapun dapat dipasarkan, berikut adalah 10 entitas yang umumnya dipasarkan:
  • Barang
  • Jasa
  • Acara
  • Pengalaman
  • Orang
  • Tempat
  • Properti
  • Organisasi
  • Informasi
  • Ide
Pelaku dalam Pemasaran
  1. Pemasar (marketer): Seseorang yang mencari respon (Perhatian, Pembelian , Dukungan) dari pihak lain.
  2. Prospek : Pemberi respon.
  3. Pasar: Tempat dimana pembeli dan penjual berkumpul untuk membeli dan menjual barang.

Konsep Pemasaran
  1. Kebutuhan: Syarat hidup dasar manusia
  2. Keinginan: kebutuhan yang diarahkan ke obyek tertentu untuk memuaskan kebutuhan
  3. Permintaan: Keinginan yang didukung kemampuan untuk membayar
  4. Segmentasi: Kegiatan Membagi-bagi pasar kedalam segmen yang berbeda-beda 
  5. Pasar sasaran: Memutuskan Segmen mana yang akan dilayani
  6. Positioning: Penawaran pasar yang diposisikan didalam benak konsumen
  7. Penawaran:Serangkaian keuntungan yang ditawarkan marketer kepada pelanggan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan
  8. Merek: Suatu penawaran dari sumber yang diketahui – semua perusahaan berjuang untuk membangun citra merek yang kuat , disukai dan unik
  9. Nilai: kombinasi kualitas, pelayanan, dan produk (qsp-quality,service, product)
  10. Kepuasan: penilaian kinerja produk dibandingkan dengan ekspektasi 
  11. Saluran Pemasaran: saluran yang digunakan oleh pemasar untuk dapat mencapai pasar sasarannya – Saluran distribusi & saluran layanan
  12. Rantai Pasokan: saluran yang panjang membentang dari bahan mentah hingga komponen sampai produk akhir yang dihantarkan ke pembeli akhir
  13. Persaingan: Mencakup semua penawaran dan produk substitusi yang ditawarkan oleh pesaing, baik yang aktual maupun yang potensial, yang mungkin dipertimbangkan leh pembeli
  14. Lingkungan Pemasaran: terdiri dari lingkungan tugas – para pelaku yang terlibat dalam produksi , distribusi, dan promosi dan lingkungan luas – demografis, ekonomi, fisik, teknologi, politik hukum, sosial budaya.

Proses Pemasaran

Adapun proses (model sederhana) dari pemasaran dapat dilihat dari gambar berikut:

Proses Pemasaran

Proses pemasaran terdiri dari analisis peluang pasar, meneliti dan memilih pasar sasaran, merancang strategi pemasaran, merancang program pemasaran, dan mengorganisasikan, melaksanakan serta mengawasi usaha pemasaran.

Proses pemasaran dapat dijelaskan lebih rinci dalam langkah-langkah sebagai berikut:

1. Langkah ke-1 adalah analisis yaitu dengan membuat inventarisasi kelompok sasaran dan mencari institusi-institusi atau stakeholder yang dapat membantu dan bekerjasama.

2. Langkah ke-2 yaitu melakukan riset untuk mengetahui tanggapan masyarakat terutama kelompok sasaran terhadap produk dan jasa pelayanan yang akan diberikan,

3. Langkah ke-3 adalah menyusun strategi pemasaran. Strategi yang digunakan disini merupakan serangkaian tindakan terpadu menuju keunggulan kompetitif yang berkelanjutan. Faktor-faktor yang mempengaruhi strategi pemasaran adalah:

a. Faktor mikro, yaitu perantara pemasaran, pemasok, pesaing dan masyarakat.
b. Faktor makro, yaitu demografi atau ekonomi, politik atau hukum, teknologi atau fisik dan sosial atau budaya.

4. Langkah ke-4 adalah monitoring dan evaluasi, kegiatan monitoring adaiah proses untuk menemukan kekurangan atau kesalahan pada strategi yang telah ditetapkan. Evaluasi merupakan kegiatan untuk mengetahui apakah tujuan dari strategi pemasaran telah tercapai atau belum.

5. Langkah ke-5 adalah pelaksaanan proses pemasaran. Kegiatan ini menggunakan media yang telah dipersiapkan untuk menunjang program melalui pesan-pesan sehingga akan mudah diingat oleh masyarakat luas ataupun khususnya bagi konsumen.


No comments:

Post a Comment

Mohon maaf bila ada salah kata dan hal-hal yang kurang berkenan. Adapun kritik atau saran mohon isi comment box. Terimakasih