Thursday, June 8, 2017

Pengertian Manajer


A. Pengertian Manajer

Manajer adalah orang yang dapat mengarahkan atau memimpin orang lain dan mampu bertanggung jawab atas kegiatan (pekerjaan) di suatu organisasi atau perusahaan. Manajer adalah seseorang yang mampu mengendalikan, memimpin dan mengembangkan organisasi atau perusahaan dalam rangka untuk mencapai tujuan.

Manajer adalah orang yang memiliki pengalaman, pengetahuan serta keterampilan yang baik dan diakui oleh organisasi/perusahaan tersebut untuk dapat memimpin, mengendalikan mengelola, mengatur serta mengembangkan organisasi dalam rangka mencapai visi (tujuan) perusahaan.


B. Klasifikasi Manajer

tingkatan manajer

Berdasarkan tingkatannya dalam suatu perusahaan/ organisasi, manajer diklasifikasikan menjadi 3 kategori, antara lain:

1. Manajer Lini Pertama (First Line Managers)

Manajer lini pertama merupakan tinggatan paling rendah, sering dikenal dengan manajer operasional. Tugasnya seperti memimpin dan mengawasi pegaawai non-manajerial yang derlibat dalam proses produksi. Biasanya mereka sering disebut supervisor, manajer area, manajer shift, manajer department, manajer kantor atau mandor. Itulah penjelasan mengenai manajer lini pertama.

2. Manajer Tingkat Menengah (Middle Managers)

Manajer tingkat menengah ini berada diantara manajer lini pertama (first line managers) dan manajer puncak (top managers), tugasnya sebagai penghubung antar keduanya. Adapun jabatan yang termasuk kedalam manajer tingkat menengah ini diantaranya seperti manajer proyek, manajer pabrik, manajer divisi atau kepala bagian. Itulah penjelasan mengenai manajer tingkat menengah.

3. Manajer Puncak (Top Managers)

Manajer puncak bertugas untuk merencanakan kegiatan maupun strategi organisasi atau perusahaan secara umum dan mengarahkan jalannya organisasi ataupun perusahaan. Manajer puncak ini dikenal dengan instilah executive officer, contoh dari manajer puncak seperti Chief Executive Officer (CEO), Chief Financial Officer (CFO) dan Chief Information Officer (CIO). Dan itulah penjelasan mengenai manajer puncak.


C. Managerial Skills (Keterampilan Manajer)

1. Technical (Keterampilan Teknis)

Keahlian yang diperlukan untuk menyelesaikan atau memahami jenis kerja tertentu yang dilakasanakan dalam suatu organisasi.

2. Interpersonal (Keterampilan berhubungan dengan orang lain)

Interpersonal skill merupakan Kemampuan untuk memahami, memotivasi dan berkomunikasi dengan individu maupun kelompok. Komunikasi yang persuasif harus selalu diciptakan oleh manajer terhadap bawahan yang dipimpinnya.

Seseorang manajer yang memiliki kemampuan komunikasi yang persuasif, bersahabat dan kebapakan akan membuat karyawan merasa dihargai dan kemudia mereka akan bersikap lebih terbuka terhadap atasannya. Keterampilan berkomunikasi diperlukan, baik pada tingkatan manajemen atas, menengah, maupun bawah.

3. Conceptual (Keterampilan Konseptual)

Konseptual merupakan kemampuan untuk memahami dan memandang organisasi sebagai satu kesatuan. Bagaimana semua bagian dalam  organisasi bisa berjalan bersama melalui keputusan yang berbasis pada kepentingan keseluruhan organisasi.

Manajer tingkat atas (top manager) diharuskan memiliki sebuah keterampilan untuk membuat konsep, ide adan gagasan untuk kemajuan sebuah organisasi. Gagasan, ide serta konsep tersebut lalu dijabarkan menajdi suatu rencana kegiatan untuk mewujudkan gagasan atau konsep itu. Proses penjabaran ide menjadi sebuah rencana kerja yang kongkret dan biasanya disebut sebagai sebuah proses perencanaan. Oleh karenanya, keterampilan konsepsional juga merupakan keterampilan untuk membaut sebuah rencana kerja.

4. Diagnostic (Keterampilan Membaca Situasi)

Diagnostic skill adalah keahlian untuk memvisualisasikan jawaban yang paling sesuai untuk situasi tertentu.

5. Communication (Keterampilan Berkomunikasi)

Kemampuan manajer utk mengirimkan ide dan informasi secara efektif kpd orang lain  dan menerima ide dan informasi dari orang lain.

6.  Decision-Making (Keterampilan Membuat Keputusan)

Keterampilan ini merupakan kemampuan untuk mendefinisikan sebuah masalah dan menentukan cara terbaik untuk memecahkan masalah tersebut. Membuat sebuah keputusan adalah hal yang paling utama untuk seorang manajer, terutama untuk kelompok manajer atas (top manajer). Ada tiga langkah dalam membuat keputusan, yaitu:
  • Seorang manajer harus mendefinisikan masalah dan mencari berbagai alternatif yang dapat diambil untuk menyelesaikannya.
  • Manajer harus mengevaluasi setiap alternatif yang ada dan memilih sebuah alternatif yang dianggap paling baik.
  • Manajer harus mengimplementasikan alternatif yang telah ia pilih serta mengawasi dan mengevaluasinya agar tetap berada di jalur yang benar.
7.  Time-Management (Keterampilan Manajemen Waktu)

Keahlian  manajer utk memprioritaskan pekerjaan , mengendalikan waktu bekerja secara efisien , mendelegasikan pekerjaan secara tepat. keterampilan ini merupakan keterampilan yang merujuk pada kemampuan seorang manajer untuk menggunakan waktu yang dimilikinya secara bijaksana.


D. Tugas Manajer

Menurut Malayu S. Hasibuan  tugas-tugas manajer adalah:
  1. Managerial cycle atau siklus pengambilan keputusan, membuat rencana, menyusun organisasi, pengarahan organisasi, pengendalian, penilaian dan pelaporan.
  2. Memotivasi, artinya seorang manajer harus dapat mendorong para bawahannyauntuk bekerja giat dan membina para bawahan dengan baik dan harmonis.
  3. Manajer harus berusaha memenuhi kebutuhan para bawahannya.
  4. Manajer harus dapat menciptakan kondisi yang akan membantu bawahannya mendapatkan kepuasan dalam pekerjaanya.
  5. Manajer harus berusaha agar para bawahannya bersedia memikul tanggung jawab.
  6. Manajer harusmembina bawahannya agar dapat bekerja secara efektif dan efisien.
  7. Manajer harus membenahi fungsi-fungsi fundamental manajemen secara baik.
  8. Manajer harus mewakili dan membina hubungan yang harmonis dengan pihak luar.

No comments:

Post a Comment

Mohon maaf bila ada salah kata dan hal-hal yang kurang berkenan. Adapun kritik atau saran mohon isi comment box. Terimakasih